Thursday 22 September 2016

Ngobrol Langsung Vs Chattingan..

Hmm.. mari kita mulai dengan sebuah pertanyaan, siap.. pertanyaannya adalah
"Kalian lebih suka Chatting atau Ngobrol langsung ?"
Ada beberapa orang dengan tipe yang lebih menyukai Chattingan ketimbang Ngobrol langsung begitupun sebaliknya, tapi kalo saya jujur lebih suka yang ngobrol langsung. Karna banyak keuntungan ngobrol langsung yang ngga kita temui pas kita Chattingan, berikut beberapa keuntungan yang berhasil tim On The Stop rangkum untuk anda *deng cetak deng deng tak de deng.. tak de deng tak de deng..*backsongnya*
Ok yang pertama adalah..

-Kita bisa Liat lawan bicara kita (ekspersinya)-
Kalo ini tentu ngga bisa kita temui ketika kita Chattingan yang cuma ada huruf-huruf sama kumpulan emot-emot palsu doang ya kan ? kalian pasti sering kirim ketikan "hahaha.." padahal aslinya "......" kadang juga sering kirim emot   walaupun aslinya  hayo ngaku.. Sudahlah.. saya juga sering ko kirim huruf sama emot yang palsu, ngga usah malu buat ngaku lah.
Balik ke Topik,  kalo kita ngobrol secara langsung berarti kita saling tatap dong ya, bisa liat matanya yang sayu, alisnya yang kaya alis, senyumnya yang manis, lubang hidungnya yang kaya pipa PDAM, kupingnya yang kaya parabola, dan kita juga nyium aroma badan dia apakah wangi atau mending dikubur aja ya kan ? Kadang kalo ngobrol secara langsung itu enaknya sewaktu bahan obrolan kita abis kita bisa tuh jadiin hal sekitar kita buat dijadiin bahasan. Paling ngga kita bisa ngomentarin orang lain yang kita liat, atau kita bisa saling puji penampilan masing-masing atau malah sebaliknya kan bisa. Coba kalo Chattingan, obrolan abis kita mau bahas apa lagi ? apa kita mau ngetik..
"Eh liat bapak-bapak yang didepan aku deh.."
Kan lawan chat kita ngga liat apa yang kita liat cuy, kecuali kalian chattingan tapi sebelahan. Nah kalo itu saya pernah gitu, chattingan tapi sebelahan jadi kaya orang gila kami waktu itu. Jadi kita kan lagi ngumpul di Rumah temen kami dan ada yang lagi maen gitar, nyanyi-nyanyi sambil nunggu giliran buat maen PS. Saya sama temen saya yang namanya Bela (@Bela_amirsidik) *betewe ini nama cowok tulen ya, jadi dia bukan yang dulunya cewek trus dioperasi plastik trus dipasangin ekor depan biar kaya cowok beneran, bukan untungnya dia cowok asli.. saya udah cek tenang saja, tapi meragukan soalnya kadang masih suka copot. Oke lah.. Jadi ketika yang lain lagi asik sama kegiatannya masing-masing sambil nunggu giliran PS, saya sama Bela ini cekikikan sendiri (eh ngga sendiri ding kan kita berdua) oke ralat.. saya sama Bela ini cekikikan berdua udah kaya orang yang baru nembak Chelsea Islan trus diterima gitu, kaya.. Wooow banget gitu. Sebenernya yang buat kami ketawa cekikikan itu karna kita ini lagi Chattingan di WA padahal kita duduk sejajar cuma kealingan sama yang maen gitar tapi kita nanyain ada dimana ? ya walaupun ini cuma becanda karna kita sebenernya ngga bego-bego amat, cuma bego aja.. jadi kurang lebih gini..
Bela :"Li ada dimana ?"
Saya :"Di Rumahnya Yoga"
Bela :"Saya juga di Rumah Yoga, dimananya ?"
Saya :"Saya disampingnya yang maen gitar bel"
Bela :"Loh gimana ? saya juga disamping yang maen gitar"
Saya :"Saya didepan yang lagi nyanyi"
Bela :"Saya disamping yang lagi nyanyi ini"
Dan begitu seterusnya.. sampe salah satu dari kita mendapat panggilan mulia untuk giliran PS.
Mmm.. baru yang pertama ya ? oke ini yang kedua.
-Bisa paham dengan Intonasinya-
Tak jarang kita juga pernah salah mengartikan apa maksud dari yang lawan Chatting kita ketik apalagi pas ngga ada tanda baca sama sekali. jadi kaya..
"Eh aku mau beli celana yang pas kemaren nangkep maling"
Itu mungkin bisa aja yang mengartikan gini,
"Eh aku mau beli, celana yang pas kemaren nangkep maling" yakali ada celana nangkep maling, kalo beneran ada mah kita kelilingin aja satu kampung digletakin celana.
padahal maksudnya kan gini
"Eh aku mau beli celana, yang kemaren pas nangkep maling"
Walaupun udah pake tanda baca menurut saya ngga akan sejelas ngobrol langsung deh. Eh tapi kalian nyadar ngga ? kalo kita baca pesan yang kita baca itu serasa orang yang ngirim yang bacain, bener ngga ? imajinasi kita untuk ngebayangin suara si pengirim itu secara otomatis bekerja tanpa upah.. eh tanpa perintah tapi syaratnya kita harus kenal sama si pengirim, arti kenal disini bukan cuma sekedar tau namanya ya.. maksudnya kita udah tau sifatnya gimana, wataknya gimana, prilakunya gimana, etikanya gimana, tingkah lakunya gimana.. dan kalian baru saja membaca banyak hal tentang sifat dan sejenisnya yang intinya sama. Jadi walaupun kita chatting kita masih bisa mendengar intonasi si pengirim yang kadang bikin kangen.. Mmm.. maaf oke lanjut.
Sekarang kita bela yang Chatting ya..
Banyak juga keuntungan dari chatting yang ngga kita dapat saat ngobrol langsung selain yang sudah disebutkan diatas soal kirim emot palsu atau "hahaha" palsu yang bisa menjadi keuntungan ketika kita ngga mau lawan chatting kita tau keadaan kita yang lagi sedih, atau ngga enak badan, atau ya kalian tau sendiri lah..
Oke jadi keuntungan selanjutnya adalah..
-Bisa berfikir lama untuk balasannya-
Ya memang kalo kita chatting kadang kita perlu waktu untuk memilih jawaban terbaik yang bisa menyelamatkan keutuhan Chatting yang sedang kita lakukan. Biasanya rata-rata itu 2-3 menitan untuk berfikir tapi kalo bener rumit kaya antara hidup atau mati bisa sampe 10 menitan. Coba kalian bayangkan jika interval ini ada saat ngobrol langsung, itu bisa aja kita ngrasa lagi maen catur sama om-om yang mikirnya lama dan paling ujung-ujungnya cuma geserin 'Pion' rajanya ayem-ayeman didalam perlindungan perdana menteri dan benteng-benteng. Bisa kena tonjok kita cuy kalo kita ngobrol trus kita bengong dulu trus jawabnya 10 menit kemudian, apa ngga kesel yang ngajak ngobrolnya ?
Selajutnya adalah..
-Kita bisa Jawab kapanpun dengan catatan harus ada alasan-
Jadi kita kalo dapet pesan gitu trus ngga mau kita bales dulu mending jangan dibuka dulu pesannya atau kalo kata anak sekarang jangan di "R" dulu, biarin aja.. baru kalo mau bales kasih keterangan yang meyakinkan. Dan berikut keterangan pasaran yang biasanya dipake
"Maaf ya baru bales, soalnya signalnya susah ..."
"Maaf ya baru bales, baru ada kuota soalnya jadi baru bales ..."
"Maaf ya baru bales, Hp aku ngedrop ini baru dinyalain ..."
dan alibi-alibi lainnya..
Tapi kalian juga bisa bales sesukannya tanpa harus dikasih keterangan sih, ngga ada yang nglarang tapi kalian juga harus perhatikan lawan Chatting kamu yang kemungkinan besar nunggu. Seperti diatas, mari kita bayangkan kalo misalnya ini terjadi saat Ngobrol secara langsung..
A :"B, kemaren kemana aja ko saya cari di Tongkrongan ngga ada ?"
Trus si Bnya ngopi dulu, atau makan dulu, senam dulu, renang dulu, bersihin kolam, kasih makan ikan, mancing, bakar sampah, maen PS, Lompat tali, Nyisirin barbie, Bakar kemenyan, cari kecebong, bikin gapura trus baru jawab..
B:"Kesasar dikebun blakang rumah"
Itu mending kalian tatap matanya tajam, ambil satu kedipan pelan trus bilang..
"Yang kamu lakukan ini.. Jahat"
Tapi tetep masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, untuk kalian yang lebih memilih Chatt daripada Ngobrol Langsung silahkan dan yang lebih suka Ngobrol langsung ya lebih bagus jadi ada interaksi sosial gitu. dan ada di beberapa situasi yang menharuskan atau setidaknya lebih baik dilakukan secara Chat ataupun Langsung.
Contohnya : Dalam situasi kalian malu untuk berbicara langsung dengan lawan bicaranya entah itu karna kalian pernah punya masalah atau kalian suka dengan orang tersebut kalian bisa Chattingan lewat berbagai media sosial, menurut saya itu akan lebih nyaman ketika kita menyampaikan pesannya karna kita tidak melihat lawan kita secara langsung atau realnya.
Sedangkan jika kalian memiliki masalah yang cukup kompleks atau rumit sebaiknya kalian selesaikan dengan cara Ngobrol langsung, karna menurut saya pribadi kontak mata itu sangat penting. Kita bisa tau susana lawan kita dari mata dan alisnya, maaf jadi kaya Romi rafael ya ? ya ngga papa lah.. karna kalo kita bisa melihat matanya dan ngobrol secara langsung kita akan lebih leluasa dalam menyampaikan, sehingga kita bisa mencari dan memecahkan masalah tersebut dengan cepat dan lebih tepat.. Itu !
Oh iya kalo ada yang mau Chattingan sama saya boleh kok mention aja lewat Twitter..
Terimakasih, Sampai jumpa... *sambil senyum 3 jari*

No comments:

Post a Comment

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..