Tuesday 20 September 2016

Behind the Script 'Catatan Akhir Sekolah TKJ 2'

Setelah saya nonton ulang Film Catatan Akhir sekolah kelas saya dulu waktu smk, saya sadar beberapa hal yang mungkin menurut sebagian orang itu murahan.. tapi bagi kami kenangan itu sangatlah mahal bro seriusan. Kalo ada yang belum liat, ini videonya disini.. bisa dilihat, ya walau sekedar bentuk kreatif anak SMK lah yang seadanya lah terbatas bangetlah pokoknya.
Jadi begini teman-teman, jika kalian sudah menonton film tadi dan kalian mengerti akan cerita dan seperti apa suasana di film tersebut. Mungkin kalian akan bilang
bahwa ini sangat bagus, Amazing, Omegot banget, Fantastis, Erotis, Rok bahan tipis, Alis bergaris.. Mmm..maaf salah fokus pas lagi proses penulisannya, maaf ya jangan jijik gitu dong. Ya pokoknya Film ini Pecah banget lah, saya berani bilang Film ini bagusnya ngalahin Film Drama Populer kaya Serial sidang Sianida, Conjuring, Sadako Vs Kayako, dan Seri Fast and Forious . Kenapa saya bilang ini Film Fantastis karna film ini kami satu kelas yang buat jadi ya wajarlah kalo saya bilang bagusnya bahkan nglebihin Warkop Reborn deh.. hehehe
Tapi asal kalian semua tau saja ya, sebelum ada tugas untuk membuat sebuah Film Dokumenter.. Saya dan teman-teman saya sudah merencanakan ini untuk sekedar membuat suatu rekaman kenangan supaya kita bisa Flashback tentang saat itu yang kami tau pasti akan sangat dirindukan. Saya dan Sayidin Ali (@Sayidin_Al) selalu membicarakan Film ini bahkan walau masih tahap rencana dan belum tau apakah projek ini serius atau tidak, sebelum kami mulai membicarakan ide kita ke beberapa orang tadi. Kami bahkan sudah mulai membicarakan konsep seperti apa yang akan dibuat, kami ini layaknya Script Writter sama Sutradara yang lagi diskusi mengenai sebuah Film.
Pada saat guru Seni Budaya kami memberitahukan bahwa akan ada tugas membuat Film Dokumenter, kita sumringah karna projek ini akan terealisasikan tentunya dengan bantuan teman sekelas yang pasti akan lebih mudah proses-prosesnya. Dan setelah pulang sekolah si Sayid pun menjelaskan beberapa konsep yang 'kami' punya supaya bisa dipakai di Film yang akan segera dibuat ini, lalu mempersilahkan jika ada dari teman-teman yang lain jika ada ide atau gagasan atau konsep untuk bisa memberitahukan didepan semuanya. Kemudian dilajutkan dengan pengumpulan semua berkas video maupun foto yang berkaitan dengan Kelas dan dimasukan dalam satu Flashdisk, lalu dilanjutkan dengan membagi crew Film. Layaknya Film layar lebar, Crew pun terbagi menjadi Editor, Cameraman 3 orang, Sutradara. Saya jujur sebenernya ngga terlalu mau jadi crew yang tercantum dan mau jadi yang biasa aja lagian juga ada yang lebih minat ini. Setelah semua Crew terbentuk ternyata memang kami berdua harus siap disuruh ngerjain Film ini karna mungkin kami yang paling berambisi menyelesaikan projek ini, kalo kalian bilang kami sok atau caper atau gimana ya maaf saja, karna ini salah satu cita-cita kami untuk kelas kita.
Selama proses pembuatan kita harus bisa berfikir seimbang untuk menghendel Tugas lain dengan tugas yang ini. Dalam pengambilan gambar cukup gampang karna ini sifatnya Dokumenter jadi ngga usah meduliin gimana hasil gambarnya karna kita ngga mungkin bisa nyuruh mereka nglakuin hal spontan yang sama kaya waktu yang gambarnya kurang bagus.. kalo menurut saya itu malah nambah kesan Dokumenternya biar lebih grogot. Kadang ada yang aneh pas direkam, ada yang langsung diem, ada yang ngumpet, ada yang nutupin mukanya kaya maling ayam kena tangkep, ada juga yang malah curhat, pokoknya kalian tau sendirilah film dokumenter yang tanpa scrip itu gimana ya kan ?
Karna tanpa ada scripnya, kadang konsep Film ini ada penambahan dan pengurangan.. tentunya didiskusikan terlebih dahulu dengan semua yang bersedia membantu proses pembuatan secara langsung. Kami ngambil momen-moment di kelas 12 itu hanya menggunakan kamera dari Smartphone yang paling cuma 5mp, dan itu Hp saya. Padahal di kelas banyak Hp dengan kualitas kamera yang jauh melebihi Hp saya sih tapi biasanya suka ngga enak sama orang uang punyanya, ya mau gimana lagi ? Tapi sebenernya saya ucapkan banyak terimakasih untuk saya karna telah berjasa dalam peroses pembuatan film tersebut. Karna sempat jatuh, kepukul sama temen, ditendang, digeprek pake tangan, ditampar, dll.. tau deh kalo itu bukan Hp saya mungkin yangvpunya Hp udah kaya udang habis digoreng kali ya ? merah gitu sama mengkerut jidatnya.
Mmm.. selama kami membuatnya kami jadi lebih sering buka Youtube dan liat karya dari teman-teman diluaran sana dan kami ambil yang bagus untuk referensi aja. Setelah Fix data udah kumpul, konsepnya udah ada waktunya pengeditaaaan !!.
Proses pengeditan kami memilih untuk mengedit dirumah teman kami, rencananya hari sabtu sepulang sekolah dan kelar hari minggu siang. Namanya Anak SMK apalagi anak TKJ yang terkesan santai jadi kami pulang sekolah jam 14:30 bel pulang sekolah lalu 15-30 menitan baru kerumah teman kami yang jaraknya tidak terlalu jauh dari SMK kami yaitu di rumahnya M. Tubagus atau kami biasa memanggilnya Tebe (@Tbsurur). Tebe ini pria single dengan mata menyala dan alis tipis yang bisa diangkat salah satu saja, untuk kalian para ledies yang tidak suka silahkan matikan lampunya ! *Dep dep dep dep... *mati semua* Eh.. Maaf lupa ini bukan TakeMeOut ya ?. Ok lanjut.. Kami sampai di Rumah Tebe cukup sore dan tidak langsung mengedit, kami becanda dulu, maen gitar, nyanyi-nyanyi, nongkrong di jembatan sambil jongkok trus denger suara riakan air yang dihasilkan dari ee yang terjun.. ngga ding kita cuma nongkrong aja.
Dan kami baru benar-benar mengedit sekitar jam 00, itupun mata udah berat banget. Ibarat kata kaya ada tali dikelopak mata kita trus ditarik-tarik gitu supaya nutup, akhirnya nonton TV yang acaranya 'Jejak Papanormal' jadi hostnya bapak-bapak nyari obat rematik. Ada temen kami yang nonton acara itu sambil tidur namanya M. Abiyoga (@Abiyoga99) dia matanya merem tapi pas dibangunin dan ditanyain
"tadi liat penampakan yang di Tv ngga ?"
dia bangun trus jawab" iya" setelah itu merem lagi, mungkin kalo pas bangun disuruh sholat dzuhur juga dia bakal sholat deh.. tapi ntar sujudnya diganti tengkurep trus lanjut moyoy
Tapi kita wajib berterimakasih sama Sayidin sih karna dia yang udah belain begadang, Ngapelin Netbooknya, bertapa ke Gunung salak, miara tuyul demi film kita ini bro.. Terimakasih anak muda jasamu akan kami kenang, semoga kau tenang disana (ya maksudnya ditempat dia sekarang, jangan negatif thinking gitu dong ah) *sungkem*
Saya sama Sayidin terus aja bahas kita mau bikin film yang seperti apa, alurnya gimana, Sama penempatan videonya, dll. Setelah malam minggu yang amat sangat berkesan biasa itu kami pulang dan sepertinya sayid masih melakukan tugas mengeditnya sampai siap tonton, seperti yang saya bilang tadi dia masih ngapelin Netbooknya sampe Netbooknya hamil trus nglahirin kalkulator yang kalo udah gede jadi komputer yang anti air dan akhirnya Jadi istrinya Plankton di Bikini Bottom. Setelah siap dia bilang sama saya supaya liat dulu Filmnya sebelum dipresentasikan didepan teman satu kelas, tapi saya menolak melihatnya dulu soalnya kalo saya liat meja saya, otomatis anak lain ikut ngliat dan itu fatal karna bisa saja mereka ngga menikmati pas kita putar untuk satu kelas.. jadi saya meminta untuk bareng saja liatnya sama teman satu kelas. Daaan.. saat yang ditungu tiba yaitu saat kami memutarkan Film tersebut depan kelas, rasanya bangga juga bisa nuntasin tugas yang sebelumnya sudah kami rencanakan. Ya walaupun masih ada yang bilang..
"Ko orangnya itu-itu terus sih ?"
"Kok kurang bagus sih..?"
atau yang, "Kok Gitu doang sih.. ?"
Ya kami minta maaf, kami sudah melakukan semampu kami bila waktu itu kalian kurang puas kami hanya bisa menahan amarah dan minta maaf dan jujur kami sangat benci pas kalian mengatakan itu mengingat prosesnya dan pada saat kami menyarankan yang punya rekaman dikelas supaya ngumpulin kenapa ngga kalian kumpulin ? Tapi yasudahlah.. banyak juga yang mengapresiasi Film tersebut bahkan dari kelas lain yang juga membuat hal serupa namun menurut mereka punya kami lebih bagus, dan itu sangat penting.. It's The Best Reward for Us, eh bahasa Inggrisnya penghargaan Reward kan ya ? ya apapun itu pokoknya makasih lah ya dan untuk yang bilang film kami jelek baca ini dengan keras ya..
I DON'T CARE ! BODO DAH MAO JELEK MAU GAK ! SERAH !
Tapi saya sangat berterimakasih untuk Semua teman-teman yang membantu waktu itu, Dan khususnya Sayidin karna dia yang ngedit dan harus berkencan sama Netbooknya.. kasihan ya, Tebe juga udah kami sesaki kediamannya, ketua kelas HOK (@S_Rufiyadi) yang ikut mengarahkan teman-teman ya walaupun kita juga bisa sih itu biar dia keliatan berguna aja gitu, beserta tak lupa semua yang terkait, dan yang paling utama bagi saya.. terimakasih untuk HP saya ini yang sudah berkorban dipukuli, digampar dan lainnya..
maaf juga bila ada kalimat atau cerita yang kurang pas atau kurang sesuai mungkin imajinasi saya yang kurang jelas. Dan sebeneranya masih banyak lagi yang menarik disana, tapi cukup dulu lah terimakasih.

9 comments:

  1. kalo mereka baca ini,mereka bilang : "kita gak peduli"

    ReplyDelete
  2. Gue peduli kok. Tengkiuw..sudah munculin aroma masa lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terimakasih juga kerjasamanya

      Delete
  3. Daning aku tulisane dudu bela.amir26 yah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo wes kono trimo ae, sampean ki emang dapurane wong desa yo wes ta lah

      Delete

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..