Saturday 10 September 2016

Ih, Beatbox..

Hoooooobi.. Kayaknya kita udah pernah bahas ini, tapi saya mau cerita sedikit tentang waktu awal-awalnya saya belajar Human Beatbox yang kemudian bisa dikatakan itu menjadi hobi saya selanjutnya. Kenapa saya memilih untuk mempelajari Beatbox ? karena eh karena beatbox itu gampang, semua orang udah punya modalnya yaitu mulut sama bagian lainnya, tinggal mau apa ngga udah itu aja, eh ada satu lagi.. beatbox itu simple jadi
ngga usah repot-repot kalo mau latihan, kita bisa latihan dimanapun dan kapanpun dengan catatan ngga merenggut hak orang lain untuk merasa nyaman. Ya kita kan ngga mungkin latihan beatbox pas lagi mau ngaji misalnya, ntar bukannya ngaji malah jadi kaya karawitan bahasa arab pake EDM. Atau kalo kalian ke gereja misalnya kan ada yang nyanyi itu kalian latihan disana, mereka yang tadinya nyanyi niat ibadah malah jadi rapper semua kan kacau. Apalagi kalo udah nenek-nenek, ngerap kelar nafas juga ikutan kelar.
Seperti yang tadi dibilang, beatbox itu simple dan saya memang menyukai sesuatu yang lebih simple dan yang ngga terlalu kompleks, tapi kalo yang kompleksnya bener ya ayo-ayo aja lah. Inget dulu waktu awal-awal belajar Beatbox, kalian tau dakwah nabi yang sembunyi-sembunyi suapay tidak ketahuan kafir Quraisy ? nah sama tuh, cuman saya beda saya sembunyi-sembunyi takut ketahuan temen-temen trus nanti saya disangka ngikut ilmu hitam karna komat-kamit mulu tinggal nyemburin air aja ke sih Lela supaya bisa jadi miliknya Alam. Pernah gitu saya latihan dikelas dulu, waktu itu kebetulan saya duduk di kursi belakang dan bagian belakang itu lumayan sepi, karna sepi saya coba latihan aja. Setelah cukup lama berBeatbox ria saya ngga sadar ada temen saya yang jalan samping saya sambil bilang..
"Ih, Beatbox.." dengan mata sipit yang coba di lebar-lebarin sambil pasang muka ngeselin, sambil jalan menjauh.. jangan bayangin deh pokoknya pengen ngludahin kalo kalian liat pasti.
Itu saya langsung diem seketika brow.. dan saya ngga nglanjutin, agak malu juga brow pas itu karna belum bisa dan masih banyak ludah berceceran kalo lagi latihan. Udah kaya disembur dukun beranak lah pokoknya.. eh dukun beranak nyembur gitu ngga sih kalo lagi ada Job ngebantu ibu-ibu nglahirin ? Ok lah lupain dukun beranak tadi.
Pernah juga waktu latihan dirumah sambil nonton Tv, pas lagi 'BTK.. TTBK..TB..TK' eh adik saya yang lagi duduk mulutnya langsung komat-kamit sambil matanya tetep ngadep ke Tv ngledek, sialan ! untung Malin kundang jadi batu karna durhaka sama ibunya bukan kakaknya. Kalo Malin kundang durhaka sama kakaknya mungkin saya sudah jadi pemilik batu akik terbesar dan terunik dengan bentuk manusia biasa tapi bukan karna evolusi kera menurut Darwin.
Pernah juga pas pulang sekolah, kan biasa kalo anak SMK kan pulangnya nggrombol gitu, karna saya lagi latihan beatbox, jadi saya jalan dibelakang atau kalo mau depan, depan sekalian biar ngga ada yang tau. Tapi pas duduk, mereka semua diem saya malah kpmat-kamit sendiri dan ya kalian tau sendiri lah.. Tapi semenjak saya belajar beatbox saya jadi ngga jadiin meja sebagai Drum/Kendang lagi, ada positifnya kan.
Setelah UN saya jadi lebih sering latihan karna sekolah udah free ! dan saya ngisi waktu luang dengan beatboxan, lumayanlah saya jadi terbiasa dan ludahnya udah ngga keluar banyak kaya waktu pertama. Sampe diacara Wisuda pun saya Menyempatkan diri beatboxan kalo lagi sepi, waktu itu saya sudah lumayan bisa. Dan karna bosan sewaktu acara wisuda itu teman saya ada yang ngajak nyanyi-nyanyi, akhirnya kami sepakat milih lagu "Love Yourself" lagunya Justin itu yang emang lagi In waktu itu. Tapi temen saya ini ngga terlalu hafal sama lirik trus kita cari liriknya, udah ketemu liriknya kita mulailah.. dia yang jadi Justinnya saya jadi Sound Systemnya dengan beatbox seadanya itu.
Setelah itu saya mulai belajar macem-macem kaya Zipper, Lipproll, Kickroll, Deeptroath, Echo, dll. Tapi saya punya pengalaman saat belajar DeepTroath, dari namanya aja udah tau kan 'DeepTroath'.. [Deep = dalam, Troath = Tenggorokan] jadi itu suara yang dihasilkan dari dalam tenggorokan, simplenya kalian pernah denger Doraemon ngomong kan ? nah kaya gitu. Untuk orang yang baru belajar kaya saya dulu, itu kita akan merasakan hal yang tidak menyenangkan teman-teman.. Tenggorokan kita serasa lagi radang, dan jika diteruskan suara kita habis dan harus menunggu atau minum air hangat supaya pulih kembali itu juga lama saya dulu gitu, tapi ngga nolong. Dan sampai sekarang saya belum latihan itu lagi dan menggantinya dengan yang latihan yang lain, ya misalnya nyanyi sambil beatbox gitu lah.
Dan dengan beatbox yang saya pelajari dengan cara diam-diam ini saya akhirnya bisa terhindar dari sepi, HUAAHHAAAHHA (ketawa menang). Dan kadang dengan beatbox saya yang biasa aja ini saya bisa berkomunikasi dengan orang lain yang belum saya kenal. Kadang saya juga sering dimintain untuk beatbox depan mereka, ataupun cuma sekedar denger aja. Adik saya juga pas liat ada beatbox di Tv dia bilang gini..
"Kalo cuma gitu sih, Mas Ali juga bisa kan mas ?"
Saya cukup senang dengernya, karna dia ngomong gitu sebab dia bangga dan ngrasa kalo abangnya bisa lebih dari yang dia liat di Tv. Padahal mah saya juga belum jago, masih anak ayam kalo dibaratkan.. eh malah telur deh kayaknya.

2 comments:

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..