Tuesday 14 June 2016

Alasan "Kenapa SMK ?"

Kita hidup tentu saja punya banyak cerita yang bisa kita bagi kesemuanya. Pada kesempatan kali ini gue akan bercerita sedikit alasan gue masuk ke SMK , maaf dipostingan ini bakal banyak kata yang tidak baku dan memakai bahasa yang aneh seperti 'gue, lo, dll' biar lebih akrab aja keliatannya.

Sebelum masuk cerita kenapa SMK? alangkah baiknya gue cerita dulu sebelum gue mutusin masuk SMK N 1 Brebes. Ok, seperti lazimnya anak kelas 3 SMP yang
mau lulus, pada saat seperti itu biasanya kita serasa jadi artis dan wartawan disatu waktu yang sama, misalnya kalian ketemu temen kalian pas lagi di kelas, di kantin, di toilet, di semak-semak (kalo yang ini sekolahnya di hutan kayaknya) kita tuh pasti melemparkan pertanyaan yang sama.

"Habis ini lo mau sekolah dimana?"

dan waktu itu gue selalu jawab,
"Masih belum tahu sih, mau kemana"

Sampai disuatu ketika gue diajak salah satu temen gue untuk bersekolah di SMKN 1 Brebes yang bahkan gue baru denger pertama kali dan belum pernah tahu dimana. Yang gue tahu kalo di Brebes itu ada telor asin gede yang kalo dimakan bisa sampe sebulan, dan hal biasa lainnya. 

Gue dengan percaya dirinya selalu jawab
"SMK N 1Brebes!"

setiap ditanya mau kemana sama temen satu angkatan gue

"Li, lo lulus mau kemana?".
"SMK N 1 Brebes!".
"Itu disebelah mana?"
"di SMK N 1 Brebes!"

Tapi ada juga temen gue yang pas ditanya
"Kalo udah lulus, lo mau kemana ?"
jadi kaya pas lo mau boker trus lo tahan-tahan, tubuh bergetar, muka pucat, mata merah, keringet dingin mengalir deras, sambil garuk-garuk kepala trus dia bilang "Ng...ngga tahu mau kemana",
 
ada juga yang pura-pura kesurupan pas dikasih pertanyaan yang sama, "Eh.. lo mau kemana setelah lulus?".

dia ngliat yang nanya trus pura-pura jatuh sambil nggeram pose harimau

"Ngggg...ghhhhhhhh...ghhh..."
"Eh...Lo kenapa!"
"Ngggg....ghhhhhhh...ghhh...."

(tiba-tiba ada cewek paling cantik seantero SMP lewat).

"Wih gila... cantik banget ya si Raisa"
"(bangun) iya yah... cantik banget emang"
"Lo udah ngga kesurupan lagi ! oh iya, lo lulus mau kemana ?"
"Eh ? Nggg...ghhhh...ghh..." 

Setelah lulus gue akhirnya mutusin buat daftar di SMK N 1 Brebes bareng sama temen gue kita ke sana dengan seorang anak, anak yang tangkas dan juga pemberani.. Bertarunglah DragonBall, Ok balik ke cerita. 
Pada saat pendaftaran, kita disuruh masuk disebuah kelas untuk mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran. Lalu tanpa sengaja gue ketemu sama temen-temen SMP gue, dan saat itu salah satu dari mereka ada yang nanya soal jurusan ke temen yang lain, gue kaya mata-mata yang siap mencuri informasi rahasia dari pergunjingan mereka.

Karna jujur, pada saat gue mutusin buat masuk ke sekolah tersebut gue ngga tau isi jurusan yang ada disini, satu-satunya yang gue tau bahwa di SMK N 1 Brebes itu ada di Brebes dan Negri, udah..

Gue denger percakapan mereka tuh gini,
"eh lo ngambil jurusan apa ?"
"kalo gue sih ngambil TKJ, lo apa ?"
"gue juga TKJ", lalu tiba-tiba dia nanya ke gue
"kalo lo ngambil apa li ?"

gue yang dari tadi ngamatin, akhirnya gue ikutin jawaban mereka,
"oh gue juga TKJ ko santai",

padahal sebenernya gue bahkan ngga tau apa itu kepanjangan TKJ, serius !. Tapi coba misalnya mereka becanda jawabnya BB (Busana Butik), ngga nutup kemungkinan kalo gue akhirnya beneran ambil BB, bisa kalian bayangkan jika seorang laki-laki polos dan masih tak berdosa masuk ke sekerumunan betina, pertama gue bakal jago gigit jarum pentul sambil benerin jilbab, kedua gue bisa akrab sama sun block dan Night cream, lalu endingnya.. pipis gue bakal jongkok men.
 
Tapi akhirnya gue test, gue milih TKJ buat jadi muara pengetahuan gue, asik. Tiba hari pengumuman, gue yang optimis bakal masuk akhirnya dengan PDnya masuk ke sekolahan. Gue lihat ada ruang pemberkasan, gue kira semua siswa yang sudah mendaftar bakal masuk keruangan itu. Pasalnya gue ngliat ada banyak berkas disana, semua murid disana sudah didampingi orang tua masing-masing, gue yang masuk sendirian langsung mengumpulkan berkas dan duduk dibarisan paling Timur dan nomor dua dari belakang.

Tapi anehnya, gue ngliat semua siswa sama orang tuanya itu terlihat kusam, wajah murung, ada yang agak kesal, ada yang sampe sakau dipojokan. Dan gue dikejutkan dengan suara panggilan ibu guru yang didepan, gue maju kedepan sambil bingung,

"Ali fajari, kamu coba periksa dulu kamu diterima apa ngga, soalnya berkas kamu ngga ada disini. Coba cek dulu ya", kata ibu gurunya
"i..iya bu"

disini gue udah pucet banget, keringat dingin keluar karna gue fikir gue ngga lulus tes. Akhirnya gue nurutin apa kata ibu guru tadi dan cari papan pengumuman yang katanya ada dilapangan. Yang pertama gue lakuin adalah cari papan pengumumannya,  karna gue ngga tau geografis SMK ini gue nanya keorang sembarang.

"pak, permisi pak mau nanya, kalo papan pengumuman itu dimana ya?"
"oh ada di Lapangan mas"
"oh di Lapangan ya? trimakasih pak"
"iya sama-sama".

Gue langsung menuju ke Lapangan, dan bukannya ke Lapangan yang dimaksud gue malah pergi kelapangan depan. Gue heran, pikir gue "kok sepi sih?" lalu muncul orang bawa trompet dan tiba-tiba rame trus joget-joget (ini boong). Iya gue ke Lapangan depan dan kaya orang bego gitu, masa sepi gini ? ternyata bukan hanya gue yang salah ngira kalo lapangan depan itu tempat pengumumannya, ada satu cewek yang nanya ke gue.

"permisi, papan pengumumannya dimana ya kok ngga ada ?",
"oh papan pengumuman ? ee.. di belakang mba (gue so tau dan dia ngga tau kalo gue juga sama-sama nyasar)"
"di belakang ya ? eh kamu ketrima ?" dia nanya lagi
"oh gue ketrima, lo gimana ? ketrima ? (gue so lagi)"
"belum tau ketrima ngga"
"yaudah lo liat dulu ketrima apa ngga"
"yaudah aku liat dulu ya"
"iya"

Gue liat dia pergi masuk ke SMK lagi,
gue ikutin dia dari belakang karna gue juga pengen tau dimana papannya sebenernya ditambah gue juga belum liat apa gue ketrima atau ngga. Akhirnya dia sampe ke sebuah lapangan, dan gue dalam hati bilang "wah ternyata gue orang bego yang beruntung juga ya"

Dan gue liat emang ada papan pengumuman disana dan gue ngibaratin kalo papan itu adalah sebuah ee yang lagi dikerumunin segrombolan lalat-lalat yang haus akan ee.

Gue berjalan menuju papan pengumuman, gue ngebayangin kalo semisal di Film cowboy ini gue lagi jalan sambil slowmotion gitu trus ada kaya semak bulat kering melintas dan banyak daun-daun berguguran, karna akan melihat sebuah pengumuman yang bisa dibilang pertaruhan hidup atau mati kalo misalnya gue ngga ketrima dan kena serangan jantung mendadak gue bakal susah karna disitu banyak yang ngga gue kenal buat gue titipin surat wasiat.

Tiba-tiba gue dihampiri temen gue dan bilang kalo gue ketrima, itu tuh rasanya AMAT SANGAT biasa. Sampe sekarang gue ngga pernah liat tuh nama gue di papan pengumuman penerimaan. Tapi siapa peduli? Yang penting, Gue ditrima men!

"Does everything happen for a reason ?" 
ngga tau siapa yang pertama ngomong itu

Dan Akhirnya gue masuk TKJ, yang kemudian jadi My Best Class Ever yang mungkin nanti gue juga akan bercerita sedikit tentang itu. Dan lo tau kan kenapa gue bisa ada di SMK N 1 Brebes?

Trimakasih sudah menyempatkan waktunya, maaf biasa aja ceritanya. Sampai jumpa di lain kesempatan.
BAAYYY...

10 comments:

  1. Kapan kamu akhirnya tau kepanjangan TKJ? Pas itu apa yang kamu pikirin, gimana perasaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku akhirnya tah kepanjangan TKJ setelah ada yang nanya sama temen aku itu, trus dia jawab "Teknik Komputer Jaringan" dan aku masih nguping waktu itu

      Delete
  2. Replies
    1. Tulisan akeh kaya kue kon macane cuma ngekek tok ? kacau

      Delete
  3. Penasaran sama ce yang nanya lokasi pengumuman itu. Sapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu temen satu SMP kebetulan kita ngga terlalu akrab waktu itu jadi agak kaku

      Delete
  4. sedhhappp... ane terharu gan...
    kunjungi juga kayongeblog.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terharu ? kayanya lu salah baca deh bro. Tapi tengkyu udah baca.

      Ready to Kunbal....
      siap meluncur

      Delete

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..