Sunday 26 June 2016

MAPEL (Males Pelajaran)


Dulu waktu... (eh tunggu, kok setiap postingan gue kebanyakan diawali dengan kata 'dulu' ya ? apa gue ganti aja jadi Flashback Blog ya ?eh tapi ngga juga sih, jadi kedengeran kaya blog yang jual senter gitu)
Dulu waktu masih sering pake osis SMK gue salah satu anak yang lumayan menyenangkan, ya karna memang itu hal yang perlu dilakukan. Di Sekolah itu kita tidak akan lepas dengan yang biasa lu tulis MAPEL. Semua siswa maupun siswi di
suatu sekolah pasti punya pelajaran favorit atau MAPEL favorit, ada banyak yang suka Sejarah, Matematika, Olahraga, Fisika, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Bahasa Jiwa yang biasanya dibuat status di efbeh. Gue salah satu siswa yang suka mata pelajaran tergantung faktor internal dan eksternal, wuih udah kaya mbahas masuknya peradaban modern ke pedalaman sumur ya, pake kata internal dan eksternal segala.
Jadi gini. Semisalnya gurunya cewek, usianya baru 21 tahun, masih perawan, pake rok 15cm diatas lutut, 4 kancing bajunya kebuka, namanya Sora aoi (baydewei ini gurunya dari Pinggiran Jepang), dan dia ngajar biologi sama praktek-prakteknya mungkin gue bakal betah belajar 1x24 jam dengan 4 kali istirahat makan pagi, siang, sore, malam dan bakal ijin setiap 15 menit buat ke WC kayaknya.
Tapi kalo gurunya cowok, usia sekitar 53 tahun keatas dengan perut buncit, pala botak, leher bergelambir kebanyakan lemak yang kalo ketiup angin berkibar-kibar udah kaya bendera partai pinggir jalan yang kena hempasan kendaraan gitu, kadang pake kacamata kadang dilepas, kadang juga kalo kacamata dirasa kurang cukup dia biasa pasang spion kanan kiri, pake rok mini, pasang lensa kontak, pake lipstik dan ngga lupa sama bass betotnya, eh ini kayaknya gue ketuker sama bencong deh.. Kalo gitu Mending gue resign jadi siswa SMK deh kayaknya..ya Resign atau kalo ngga, gue ajak seluruh siswa untuk menuntut supaya guru tersebut bisa cepet-cepet dirukyah.
Pokoknya ada aja yang ngebikin gue itu bisa jadi suka atau malah justru gue benci sama Mapel itu. Kalo gue pribadi dulu itu tergantung bagaimana penyampaian dari gurunya, kalo misalkan cara penyampaian materinya enak, kita nyaman dan biasanya kalo udah nyaman kita jadi suka sama Mapelnya lalu jadian sama gurunya (aduh gue masih kebayang Sora Aoi deh kayaknya). Tapi kalo gurunya jutek, ngeselin, ngga menghargai pendapat siswanya, terlalu menekan (tapi sometimes tekanan juga perlu sih) atau biasanya kita nyebutnya guru 'killer' materi pelajaran tuh bisa masuk kuping kanan, keluar lubang hidung kiri. 
Jadi emang susah juga jadi guru sih, gue pernah jadi trainer gitu sewaktu PKL (Praktik Kerja Lapangan) gue ngajarin anak-anak kelas 7 baru yang ngga bisa mengoperasikan komputer akhirnya gue panggil dokter bedah buat ngajarin dia operasi..engga becanda. Akhirnya gue ajarin dia bagaimana cara menghidupkan komputer.
"Mba kalo mau hidupin komputer tekan ini aja (sambil nunjuk tombol power) ini namanya tombol power" gue coba sehalus mungkin,
*dia cuma ngangguk
"Nah kalo mau matiinnya teken ini juga, sama"
*dia masih cuma ngangguk-ngangguk
"Udah paham kan ? sekarang coba"
*dia masih aja ngangguk (belakangan diketahui kalo waktu itu dia emang kesurupan boneka dashboard mobil jadi ngangguk gitu)
Ya ternyata mengajar dari nol itu susah, ngga segampang membalikan kembalian yang kelebihan ternyata. Jam selanjutnya giliran kelas 8, kelas 8 ini enak ngga sesulit kelas 7 yang tadi karna kali ini gue ngga ngajar, gue cuma ngawasin mereka aja ada yang maen fesbuk, ada yang buka yucub, ada yang maen judi online, ada yang download video, ada yang lagi buat video, pokonya bermacam-macam. Dan yang paling enak tentu kelas 9nya, mereka waktu itu dapat giliran dan kebetulan gurunya pergi jadi mereka dibebaskan terserah mau maen komputer selagi masih ada sesinya, yang namanya Abg menjelang SMK tentu aja mereka udah pada gede terutama yang cewe, gede banget. Yang cewek malah asyik ngrumpi, yang cowok ada yang maen game online, yang masih bimbang dia cewek atau cowok maen ngrumpi online. Dan hal yang paling menyenangkan waktu itu selain bercanda dengan mereka ialah waktu mereka udah balik ke kelas dan Lab sepi. Gue seneng banget, gue langsung duduk didepan salah satu komputer, tegakin badan dan bersiap untuk... tidur.
Gue juga salah satu siswa yang suka dengan pelajaran bahasa, dari SD gue udah bisa dibilang jago di Bahasa. Itu berlanjut sampe gue SMP dan terus sampe SMK, tapi di SMK gue agak kurang suka jika ada pelajaran Bahasa karna ya faktor penyampaian tadi.
Pernah sewaktu kelas 12 akhir gue sama temen-temen pergi ke Lab, awalnya cuma mau ke Lab aja buat refreshing. Tapi karna keasyikan kita jadi lupa waktu dan langsung buru-buru kembali ke kelas secepat mungkin, tapi niat kami ke kelas kita urungkan karna setelah kita melihat kelas sudah tenang yang berarti ada guru yang sudah masuk dan kita coba melihat guru dari luar kelas, ternyata memang sudah ada gurunya. Tapi kami justru kembali ke Lab dengan alasan bahwa guru itu kurang asyik dalam mengajar, alasan yang termasuk bodoh bagi gue sebenernya. Dan kami akhirnya bersepakat misalnya nanti kami ditanya darimana saja kita akan jawab membantu di Lab yang tentu saja hal sebenernya adalah kita tidak mau masuk, tapi karna kami di Lab ya tentu saja akhirnya kami beneran ngebantu Mas Rud (Toolman di sekolah) buat ngringanin tugasnya, jadi ngga bohong-bohong amat lah.
Tapi selama SMK gue paling suka selain siswinya adalah pelajaran Olahraga. Karna ini satu-satunya pelajaran yang ada praktek outdoornya. Coba kalian bayangin kalo semisalnya Fisika ada praktek outdoornya, jadi pelajarannya tentang arus listrik dan ketika gurunya bilang
"Ya anak-anak mari kita belajar diluar" 
"Ayo !"
kemudian kita diajak ke sutet, lalu disuruh pegang kabelnya..
coba kalo sekalian belajar gravitasi..
"Ya anak-anak silahkan panjat sutetnya dan lompat dari atas, kita akan membuktikan bahwa manusia tidak bisa melawan gaya gravitasi. Ayo lompat, bapa hitung ya ? 1..2...3.. Lompaaaaat !"
dan ketika udah terjun sampe bawah..
"Yaaah mati yah ? mati sih kayaknya, ayo coba kamu yang kedua barangkali kamu cuma koma doang dan siapa tahu kamu bisa membuktikan teori tadi salah, ayo lompat"
Gila itu guru gokil sih, bisa-bisa guru sejarah juga ikutan praktek outdoor gitu dengan mengajak siswa tawuran dengan sekolah lain untuk praktek perjuangan para pahlawan dulu, wuiiih..
Tapi bagaimanapun juga kita akan sangat merindukan saat-saat masih diberi pelajaran di sekolahan ketika kita sudah tak mungkin lagi merasakan yang sama, toh jika masih mengenyam pendidikan tapi gue yakin ngga akan sama. Dan kalo kalian sudah punya teman baru yang sangat deket ataupun sangat care sama kalian, ingat juga beberapa orang yang pernah ngelakuin hal yang sama seperti teman kalian yang sekarang, mereka yang mengajari kalian bagaimana menyenangkannya diperhatikan, yang memberikan kalimat penyemangat setiap harinya, pernah berbagi "hahaha" tanpa melalui tulisan. Dan tolong jangan dibanding-bandingkan.
Mungkin sekarang masih sempat untuk sekedar mengirim pesan "hai" pada temanmu kan ?

4 comments:

  1. jadi komentator 1 nih, gue? maunanya doang sih,itu bolos pelajaran siapa aja om...?

    ReplyDelete
  2. banyak juga sih, salah satunya yang pernah dibilang paling pinter dikelas.

    ReplyDelete

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..