Tuesday 21 June 2016

Gue ngomongin "Temen"

Ada banyak celetukan yang ditujukan temen untuk merendahkan tapi dalam kadar bercanda, diantaranya itu..
"Maennya kurang jauh.."
"Pulangnya kurang malem.."
"temennya kurang banyak.."
"Koleksi bokep kurang variatif.." (ini becanda, serius.. becanda)
Biasanya celetukan ini sering banget kedengeran disekitar grombolan anak cowok yang so gaul dan mungkin ngrasa kalo dia itu udah pantas dibilang keren dan
mengagumkan, tapi emang biasanya mereka keren sih, beberapa.
Sebagai cowok muda normal dan cukup punya temen gue pernah dulu waktu SMP-SMK awal sering banget pulang malem bahkan sampe pagi hampir setiap hari. Kadang juga kalo dirasa kemaleman mending nginep skalian dirumah temen atau cari tempat kaya rumah belum jadi gitu buat tidur. Dulu waktu ada acara Sedekah Bumi(semacam acara syukuran atas hasil bumi katanya) gue sama temen-temen pernah tidur di bangunan madrasah yang belum jadi, nah kebetulan dibagian atas bangunan ada banyak papan yang biasa dipake tukang bangunan buat bikin atap, dan ini bisa dijadiin tempat buat tidur, ya lumayan lah.. walau harus manjat-manjat kaya spiderman cuma buat tidur doang.
Jadi tinggi bangunan itu sekitar 6-7 meter, papan-papan itu terdiri dari 2 Lapisan. Lapisan pertama sekitar 4 meter dari tanah dan  kedua hanya 1 meter dari genteng. Jadi bisa kalian bayangin kalo misalnya gue atau temen gue tidurnya ngga bisa diem, terjun bebas kebawah tanah yang sudah dikasih semen buat pengganti kramik waktu itu.
Sekitar jam 1 pagi kita bangun dan memutuskan untuk turun dengan mata yang masih mengantuk, tapi emang dasar kita udah sering liat monyet manjat kitapun dengan lihainya bisa turun walau lupa kalau sendal masih diatas.
Masa-masa itu gue deket banget sama hal-hal yang bisa dibilang negatif, kaya misalnya rokok, miras, narkoba, judi, brantem, dan semacanya lah tapi jujur gue ngga pernah nyobain itu sewaktu masih maen sama mereka. Tapi ada yang gue salut sama beberapa temen gue adalah suatu ketika ada salah seorang temen gue yang sedang mabok trus dia nyodorin gue rokok sama brangkal (miras) gue nolak dia halus, tapi dia tetep aja nawarin gue..
"Ini li ngga papa kok"
dia bilang "... ngga papa..." itu karna gue ngga iuran dan mungkin dia mikirnya ngga papa ngga iuran asal barengan. Tapi ada satu temen gue yang buru-buru ngambil rokok sama brangkal yang disodorin ke gue dan bilang
"Eh lu jangan pernah nawarin ini ke Ali ya ! kalo lu nawarin lagi, Awas lu !"
ada juga temen gue yang lain yang ngomong gini..
"Li, lu jangan sampe nyoba kaya ginian ya ? gue juga dulu awalnya nyoba doang sampe akhirnya kaya gini, pokoknya lu jangan sampe karna gue juga pengen punya temen yang bener dan sukses" (dengan nada yang sangat halus untuk muka dia yang sangar)
dalam hati gue..
"Gila temen gue yang satu ini keren banget asli.."
tapi pada saat yang sama gue juga agak sedikit terbebani dengan omongannya barusan, bukan karna gue pengen nyoba tapi karna gue ngrasa didalam kalimat dia itu ada harapan besar banget buat gue sendiri.
Dan mulai SMK kelas 1 semester 2 gue udah sering banget dirumah dan hanya keluar untuk urusan yang penting doang kaya sholat, beli makanan, ngaji, ke Sawah, bangun jalan, garuk tembok, buka jasa badut keliling. Dan maen paling habis maghrib lalu sholat isya bareng trus pulang. Tapi mulai kelas 2-3 SMK gue sama sekali ngga maen lagi sama mereka, dan kalo mereka ketemu gue paling cuma nyapa, senyum, udah. Gue jujur seneng udah ngga maen sama mereka lagi seintens dulu, karna gue nemu temen yang seengganya kliatan lebih baik dari penilaian mata orang sewaktu gue kelas 2 SMK.
Ada satu ungkapan yang berbunyi...
"Temanmu menunjukan siapa kamu"
Tapi jujur gue kurang setuju dengan itu, karna menurut gue, tergantung bagaimana kitanya sendiri, ikut atau tidak ? itu saja. Tapi jika ada temen kalian yang terus-menerus menjerumuskan kalian, coba lihat lagi apakah ia benaran temen kalian ? atau cuma kenal doang ?

2 comments:

  1. aku juga ora setuju garo ungkapan kue fa.. lah aku ya pada kaya koen... nduwe kanca tapi sering rokok garo nginung banyu setan, tapi dirine aku durung pernah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoooot ! Justru kehadirane dewek gadi pengingat rek.

      Delete

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..