Friday 19 August 2016

Jadian sama Pengamen !!

Gini ya kalo ngeblog tujuan awalnya bukan buat uang jadi ya gini, posting semaunya ngga peduli tiap hari harus ngepost minimal 1 artikel. Untuk sementara ini blog ini akan menjadi blog YANG AMAT SANGAAAAAAAAT.......biasa.
Berhubung dua hari lalu Tanggal 17 Agustus 2016 dan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-71, dengan suasana refleksi yang cukup kuat ya 17 | 71 saya akan bercerita tentang Perjuangan, yeaaah !! Jadi ini
bukan tentang perjuangan para pahlawan bangsa yang berjuang memegang senjata dan menghadang para penjajah, ini tentang perjuangan saya kemarin dalam mencari kerja.. ya mencari pekerjaan. Jadi awalnya saya pergi ke Jakarta untuk mencari kerja disana, dengan niat mulia saya berangkat disertai doa orang-orang tercinta. Saya berangkat diantar bapak dari rumah jam 07.30 ke Terminal dan berangkat dari terminal sekitar jam setengah 9, dari nunggu itu kayaknya kita bisa nonton final liga Champions antara Barcelona vs Persipura dari awal sampe laga adu pinalti plus liat Persipura angkat trofi. Setelah ada orang yang berpenampilan preman bilang "Yo Mangga Dua...Mangga Dua siap yo !" Itu aba-aba untuk saya menyiapkan jiwa dan raga.
Didalam bis, saya duduk di bangku tengah agar tidak begitu terasa saat ada goncangan atau turbulensi atau semacamnyalah.. itu turbulensi ditulis seadanya biar gampang. Saya duduk di tempat yang untuk 2 orang samping jendela bukan samping pak kusir yang sedang bekerja mengendarai delman istimewa yang bunyinya tuk tik tak tik tuk tik tak bunyi hujan diatas delman, eenya turun tidak terkira.. cobalah tengok pantat si kuda..aspal dan jalan kotor semua. Ok back to Story.. jadi saya duduk di kursi yang untuk 2 orang karna yang untuk 3 orang udah penuh. Kebetulan bis agak sepi jadi saya duduk sendirian dibangku yang harusnya 2 orang, jadi lumayanlah.. Selama di Bis itu cukup membosankan, apalagi pas di Rumah makan, di Rumah makan itu sekitar 1 jam dan bis dalam kondisi mesin mati AC mati panas bro. Tapi saya tidak keluar bis tapi cukup buka sweater aja, dan untuk menghilangkan bosan akhirnya saya buka WhatsApp trus chattingan.
Lagi asyik Chattingan tiba-tiba bis udah mau jalan dan ada pengamen pantura yang suaranya itu sama semua, jangan-jangan emang ada standarisasi untuk pengamen bis suara harus mirip dengan biduan dangdut pantura dengan tes vokal sama Psikotes dulu. Tapi saya tetep Chattingan dan pura-pura ngga denger suara pengamennya, saya pasang Earphone dan play musik melebihi batas aman.. tapi ternyata Suara Earphone ori kalah dengan Sound System kontak pengamen dengan banyak sticker Slank yang dikalungin di lehernya. Alhasil saya matiin musiknya, seusai dia nyanyi dia lepasin Soundnya dan keliling. Sewaktu ke penumpang lain cuma bilang "permisi mas/pak/bu/mba" tapi kenapa pas ke saya dia bilangnya
"Mas mau nyawer ngga ?" saya tatap mata dia, menarik nafas panjang dan dengan berat hati saya jawab..
"Maaf mba.."
Kejadian pengamen tadi saya ceritakan ke temen chatt saya tadi, dan di bales...
("Ciyeee digodain pengamen, harusnya dijawab "eh ngga mbak, kalo jadian aja gimana?" wkwkwk ")
Coba kalian bayangkan dengan daya imajinasi kalian yang biasa aja itu. Misala saya jawab seperti itu mungkin pengamennya akan jawab
"Maaf ya, kayaknya aku ngga bisa.. kamu boleh kok suka sama pengamen lain yang lebih dari aku, maaf ya.. aku masih harus mikirin anak aku trus lagi kalo suamiku nangis gimana ?"
atau dia jawab gini..
"Dasar kau keong racun, baru ketemu eh ngajak jadian.."
atau misalnya kita jadi Kakek-nenek trus cucu nanya..
"ceritain dong awal ketemu kakek sama nenek" dan saya jawab,
"Semua berawal dari tatap, ketika itu di bis.. nenek kalian lagi ngamen dan menanyakan 'mau nyawer'...bla bla blabla" kan jadi kaya kondektur bis kawin sama pengemen bis.
Singkat cerita, saya sampai di Jakarta dan mendengar ada even bertajuk "National Job Festivall (Job for career)" di Istora Senayan. Saya memutuskan untuk ke acara tersebut dan disana saya janjian dengan temen yang mau kesana juga. Tanggal 15 Agustus acara itu diselenggarakan dan hari itu saya kesana naik Trans Jakarta atau biasa kalian sebut Busway.. saya dipinjemin kartu trip Busway sama temen kakak disini, walaupun sehari sebelumnya udah ke Istora, karena saya yang naik Busway tanpa liat arah tujuan, hasilnya.. Saya liat GMaps yang harusnya lurus ke Halte Gelora Bung Karno malah belok ke Halte Gatot Subroto LIPI. Akhirnya turun di Halte Gatot Subroto dan jalan ke bawah JPO (jembatan penyebrangan orang) dan coba pesen Gojek karna saya ngga ada pulsa jadi susah kominkasinya.. Cancel !
Akhirnya jalan ke depan pintu masuk Plaza Mandiri supaya gampang lalu kembali pesen Gojek...
Gojek : "Mas dimana ?"
Saya : "Di depan pintu masuk Plaza Mandiri mas"
Gojek : " Plaza Mandiri ? Wah udah kelewat jauh mas, cancel aja ya mas"
Saya : " Ya mas". CANCEL !
Saya coba skali lagi.. Order !
Gojek : "Bapak dimana ?" (saya dipanggil bapak ?)
Saya : "Di depan pintu masuk Plaza Mandiri mas"
Gojek : "Oh ya tunggu ya pak, saya puter balik dulu.. tunggu bentar ya pak (saya dipanggil pak, sialan)
Saya : "iya mas"
Setelah lama Gojek nyampe..
Gojek : "Alfa ya ?" (kebetulan nama saya waktu registrasi simcard namanya Alfa, itu panggilan di kelas)
Saya : "Oh iya mas"
Gojek :"Mau pake masker mas ?"
Saya :"Ngga usah mas" setelah itu saya naik, dan jalan... dipertengahan jalan si driver Gojeknya bilang..
Gojek :"Mas, masnya tau arah ke GBK ngga ?"
Saya :"Mana saya tau mas, saya baru disini"
Gojej :"Yaudah mas"
Akhirnya kita nanya-nanya dan sampailah di National Job Festival..
Ok sampai sini dulu yah, nanti di Job fairnya nyusul.. Semangaaaat !!

2 comments:

  1. Saya sopir grab, kenapa ngga hubungi saya saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hubungin kamu bukannya job fair malah ke hotel

      Delete

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..