Friday 20 October 2017

Nunjukin Jempol.

"Ali itu dulu pas lahir sejempol gini (nunjukin jempol...)"

Pernah ngga sih kalian dihina secara fisik ? Terutama tinggi badan ? Saya pernah, bukan pernah maaf. Sering, Dulu. Saya ini anak paling kecil diantara temen-temen saya di kelas pas SD dulu. Saya tergolong anak yang cerdas kalo menurut guru, temen-temen, dan tetangga saya. Bahkan saya pernah jadi Juara kelas walaupun sekali, dan selalu disayang guru (bukan pencitraan, tapi memang). Dan saya juga sering banget kena Bullyan, bukan cuma
di sekolahan. Bullyan tadi juga berlaku saat pulang sekolah, bahkan para tetangga saya pun ngga mau kalah ngebully saya.

Dan yang paling saya ingat adalah pas belajar kelompok dirumah temen yang kebetulan jaraknya cuma 7 langkah dari rumah orang tua saya. Disana awal mulanya biasa, belajar kaya biasa, kadang becanda, beli jajan, dll. Trus si Buyut dari temen saya dateng trus cerita-cerita orang jaman dulu gitu. Dan sampe ada kalimat-kalimat yang ngebuat saya jadi ngga enak.

"Ali itu dulu pas lahir sejempol gini (nunjukin jempolnya yang udah keriput). Dia itu lahirnya lebih dulu dari kamu (nunjuk ke temen saya) dia ini lebih tua dari kamu.." kurang lebih gitu karna saya juga agak sedikit lupa.

 Dan temen saya ini percaya aja sama apa yang beliau omongin tadi, dan setiap kali cerita tentang kelahiran dia selalu menyebut saya persis seperti yang buyutnya omongin. Jujur saya sakit hati banget, parah. Saya bahkan pernah nangis di kamar karna ini. Tekanan yang menurut saya itu berlebihan. Saya sampe sekarang ngga tau kalo dulu beliau itu becanda atau emang dia serius ngga tau. Karna sangkin sakit hatinya saya dulu, saya langsung tanya ke Ibu saya.

"Bu, dulu aku pas lair kaya apa sih ?" Dan ibu saya ngasih tau kalo saya itu lahir kaya anak normal pada umumnya dengan berat 3kg dan panjang 50cm (kalo ngga salah), dan saya dikasih liat foto pas bayi yang memang lumayan gemuk. Dan disitu sakit hati saya sudah agak membaik. Ibu saya juga ngga nanyain kenapa anaknya tiba-tiba nanya hal yang mungkin ngga akan ditanyakan oleh anak SD kelas 3. Dan saya juga ngga pernah cerita ini ke Ibu atau bapak saya sebelumnya, dan saya ngga bisa bayangin kalo mereka denger. Bayangin aja, kalian udah berjuang mati-matian untuk kelangsungan hidup anak kalian. 

Trus tiba-tiba anak kalian dihina seperti itu oleh tetangga kalian sendiri, dan anak kalian sampe nangis. Kalo itu emang cuma becanda ya harusnya bisa lebih bijak tentang kapan seharusnya becandaan seperti tadi diucapkan, untuk anak usia SD kelas 3 jaman dulu yang masih polos, saya rasa kebangetan.

2 comments:

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..