Wednesday 7 December 2016

Nyasar-Nyasar

9 November 2016..
Hari itu saya mau nglamar pekerjaan di Indomarco Prismatama di ancol barat, sedangkan saya di Mangga Dua. Kata temen saya yang di Tangerang (Anton namanya, pria single, Ganteng, manis, imut, menggemaskan, kulitnya halus, matanya bagus tapi itu dulu waktu dia masih pake popok)  bilang kalo nglamar di bidang retail gitu harus pagi-pagi, akhirnya saya berangkat jam 06.45an dari tempat saya, kenapa pagi banget ? karna "Luih apik mbabai dari pada kawanan" (Lebih baik Terlalu pagi daripada terlalu siang, ya kurang lebih gitu lah translatenya). Jadi saya waktu itu saya cuma makan krupuk sisa nasi
uduk semalam buat dijadiin sarapan, setelah sarapan yang sangat sarap itu saya berangkat.
Saya kesana pake jasa ojek online karna praktis, aman, dan yang paling penting murahnya.

Awalnya saya nunggu ojek online ini atau kita sebut aja Gojek itu di depan Pasar Pagi Mangga Dua itu jalan sekitar 50an meter dari tempat saya, supaya lebih mudah aja pas penjemputannya. Saya liat biaya waktu itu Rp.8.000, alih-alih pengen yang murah saya jalan lagi ke depan ITC Mangga Dua sekitar 20 meteran lah, tapi pas saya liat biayanya masih tetap sama.. kampret. Ya akhirnya saya setuju aja karna ngejar waktu juga kan. Setelah setuju, Tukang ojeknya udah nyampe dan nanya "Alfa yah ?" akhirnya saya naik motor matic mas ojeknya ini..

catatan : Ojek online akan memanggil anda sesuai dengan identitas kita sewaktu kita registrasi kartu awal. Jadi kalo temen-temen ada yang kasih nama ngga sesuai dan terkesan ngarang, misalnya saja temen-temen registrasi pake nama "Hsjdkdkkska" karna kebiasaan kalo registrasi selalu asal ketik itu bisa menyulitkan mas-mas ojeknya loh.

Bayangin aja misalnya temen-temen ada yang registrasi pake nama tadi, trus order Gojek misal, kira-kira mas-mas Gojeknya bakal manggil gimana hayo ?

Gojek :"Mas/Mba Hsjdkdkska ?"

trus kalo temen-temen lupa itu nama waktu registrasi gimana ?

Mungkin ini reaksi temen-temen,
"Eh mas !! saya itu punya nama ya !!"
"Yang sopan dong mas !"
"Salah panggil Woy !! nama saya bukan Hsjdkdkska ya !! saya Hsjdkdkkska !! tadi masnya kurang "k" satu"
atau...
*Langsung tonjok
*Ludahin
*Cium masnya pake tumit
*Nangis trus lari ke belakang pohon sambil bilang "Jahat"

Oke balik lagi ke ceritanya ya, saya naik trus masnya nanya..

"Ke Ancol ya ?"
"Iya mas" saya jawab iya karna alamatnya memang di Ancol.

Tapi pas di perempatan setelah halte bisway Pademangan itu bukannya belok kiri, dia malah belok kanan. Saya tepuk trus saya bilang

"Bukanya arahnya kesana ya mas ? (sambil nunjuk kearah berlawanan)" saya nanya itu sambil mikir
"ini masnya tau ngga sih ? apa dia mikirnya ke Taman Impian Jaya Ancol ?"
lalu dia jawab "kesitu ya mas ?"
sambil puter balik yang harusnya ngga boleh, setelah puter balik bukannya ke arah yang saya tunjuk malah ke jalan yang lagi ditutup (buntu).

Akhirnya saya kasih tau arahnya, sepanjang jalan dia nanya "sini kan ya ?" saya cuma jawab "iya mas" karna emang udah bener. Setiap ada belokan dia nanya, rasanya pengen bilang
"Sini biar saya aja yang nyetir, masnya duduk dibelakang aja trus masnya yang bayar"
tapi ngga jadi karna 50 meteran lagi nyampe. Pas saya bilang

"Iya itu tempatnya mas (sambil nunjuk)" eh malah mampir ke PT lain, saya benerin lagi kan akhirnya. Tapi pas liat jam malah udah jam 07.30an, kayaknya waktunya kemakan sama nyari tempat pickup biar murah deh..

Disana saya langsung tanya sama satpam nanya dimana tempat nglamarnya, setelah ditunjukin saya jalan dan bener disitu ada kumpulan orang pake item putih. Udah kaya kumpulan ee cicak gitu, atas putih bawah item.. sorry saya juga sama ko. Setelah itu saya nanya ke salah satu pelamar yang ada disitu..

Saya : "Bang udah nglamar ?"
dia jawab "Belum, calonnya aja belum ada.." ngga ding, dia cuma jawab "Belum"
Saya : "Daftarnya disitu kan bang (sambil nujuk pintu) ?"
"Iya disitu"

Awalnya saya kaya lagi ngajak ngobrol cowok yang lagi haid, ya soalnya dia diem aja, datar gitu mukanya, mata hidung sama rata. Tapi setelah cukup lama dan kamipun ngobrol-ngobrol, dan ternyata namanya Febelius (ini saya tulisin bacanya aja ya), dia berasal dari Nias (searching sendiri aja letaknya) tapi tinggal sekarang di Cengkareng sama temennya, dia non-muslim, dan dia bukan tertuntut peristiwa 4 November 2016.

Setelah saya bercerita bahwa sehari sebelumnya saya pulang jalan kaki, dia jadi punya rencana ke Stasiun Kota jalan kaki. Dia ke Kota katanya mau ketemu temen dulu, yang katanya udah jadi sahabat lah.. cieh, temen yang katanya sahabatnya itu kerja jualan roti di Halte kota tepatnya di taman yang ada air mancur ditengahnya itu, dia jualan di depannya mini market, untuk temen-temen yang lapar tapi mau hemat bisa beli disitu.

Singkat cerita saya diberitahu untuk tes psikotesnya akan diberitahukan lewat sms jadi saya boleh pulang dulu. Disitu anggep aja udah ngga lolos biar semangat cari yang lain juga, kaya kata paman saya "Udah anggep aja lamaran yang dipos tadi udah dibuang".. Jadi kami berangkat ke Stasiun Kota jalan kaki, padahal kita berdua ngga tau arah cuma ngandelin Gmaps sama Pribahasa "Takut bertanya sesat di Jakarta". Kami sempet nyasar, tanya sama satpam, tukang becak, penjual liang teh, tapi kami ngga nanya sama polisi yang waktu lagi nilang.. saya ngga mau gangguin 'tugas' mereka, nanti ada satu motor lolos gimana ? mereka ngga makan dong ? *oops !!

Waktu sampe ada perempatan, dia mau ambil jalan lurus sebenernya tapi saya kasih tau supaya belok aja (Saya bukan setan yang bisikin manusia buat maksiat gitu loh ya, maksunya itu jalan dalam arti yang sebenernya) karna waktu itu saya liat bangunan yang cukup familiar dimata saya, dan bangunan itu adalah Museum Bank Indonesia. Yang waktu itu saya pernah masuk gratis pake kartu pelajar. Kami ngga mampir ke Fatahilah karna emang tujuan kami itu ke 'sahabat' si Lius ini, dan saya liat di sana juga ada banyak kamera kayaknya jadi kemungkinan lagi ada shooting apa ngga tau.

Setelah sampe di Halte Kota saya langsung ke pedagang air sebelahnya toilet umum. Saya buka trus saya minum, pas saya nawarin dia minum dia nolak.. saya mikirnya

"apa dia ngga haus jalan segitu jauh ?"

tapi ternyata dia lagi menjalani ibadah puasa untuk menyambut natal yang bentar lagi. Katanya kalo mau Natalan dia biasa puasa setiap hari senin dan Rabu, mungkin kalo di kita umat muslim itu kaya Puasa Ramadhan gitu, tapi katanya puasanya itu ngga wajib jadi hukumnya sunnah gitu lah kalo kita nyebutnya. Saya ngrasa ngga enak banget pas itu jadi air saya tadi saya tutup lagi, dan saya ngga minum depan dia untuk menghormati dia dan karna emang saya juga ngge enak minum depan dia yang lagi puasa. Setelah puas istirahat, dia nanya tempat tinggal saya dan nyaranin buat naik Transjakarta aja biar dia yang bayarin..

      emang kalo baru kenal tuh gitu baik, sopan, ramah, dll. Coba yang udah temenan lama, udah biasa manggil namanya dengan sebutan lain, mungkin pinjem kartu buat taping out aja kayaknya ngga dibolehin deh.

Saya turun di Halte Pangeran Jayakarta, kemudian jalan kaki ke arah timur. Nglewatin JNE Mangga Dua, saya keinget kalo di ITC Mangga Dua katanya ada tempat buat penempatan Secure Parking. Saya naik angkot buat ke ITC padahal jarak saya itu sekitar 100 meteran, tapi saya sengaja naik angkot karna udah cape jalan kaki. Sampe di ITC saya ketemu sama CMSnya (CMS itu kaya pimpinan gitu lah), trus saya tanyain

"Pak permisi, disini masih bisa buat penempatan Secure Parking ngga ?"
dengan entengnya dia ngejawab..
"Waduuh.. penuh mas"
"Yah, ngga bisa ya pak ?"
"Iya mas"
Trus saya mikir
"Gimana kalo ke Wisma depan Pasar Pagi aja ? Apa masih bisa yah ? Ah coba aja ah"

Saya ke Wisma akhirnya, nanya sama tukang parkir dimana Office Secure parkingnya. Saya diarahkan ke basement trus lurus terus katanya, saya turutin aja dan nyampe juga. Pas nyampe saya langsung ke tiga bapak-bapak yang lagi asik ngobrol, saya mikir kalo mereka pasti punya peran penting di Gedung ini. Setelah itu saya datengin, udah deket salah seorang bapak langsung nyergap pake pertanyaan

Saya : "Permisi pak, mau nanya kalo Officenya Secure Parking dimana ya ?"
Bapak 1: "Kamu darimana ?"
Saya :"Saya dari Mangga Dua pak"
Bapak 2:"Dimananya ? Gang burung ya ?"
Saya : "Iya pak" (padahal waktu itu saya ngga tau itu bener apa ngga)
Bapak 3: "Mau apa ?"
Saya  :"Mau nanya, disini masih bisa buat penempatan ngga yah pak ?"
Bapak 1:"Wah ngga bisa mas, disini juga udah kelebihan 2 orang, malah tadi pagi juga ada 2 orang kesini, cewek-cewek lagi"
Saya :"Oh jadi ngga bisa ya pak ?"
Bapak 1 :"Udah berapa lama kamu ?"
Saya :"Saya dari bulan september pak belum ada penempatan, padahal sering nanyain juga. Malah kemaren nelfon ke pusat dari jam setengah 4 bilangnya "maaf lagi online" trus setiap 15 menit saya nelfon lagi sampe jam setengah 6 masih aja pake alasan yang sama"
Bapak 2 :"Kurang ajar emang pusat sekarang"
Bapak 1 :"Udah 2 bulan yah, lama juga"
Saya ;"Saya boleh minta nomor sini aja ngga pak biar nanti bisa nanya-nanya ?"
Bapak 1 :"itu tulis aja, itu nomor kantor sini (sambil nunjuk papan kuning)"

Singkat cerita, saya keluar dari Wisma trus keinget ucapan bapak-bapak yang tadi. Katanya..
"di Baywalk Pluit itu lagi butuh banyak, kamu naik kopami 02 aja nanti keneknya bilangnya Baywalk nah kamu turun disitu"
tanpa mikir lama saya langsung tungguin Kopami buat ke Baywalk untuk sebuah harapan..

............................ to be continue.

Oke sekian dulu cerita yang sangat tidak mendidik, tidak menambah wawasan, tidak bisa menjadi teladan, tidak bisa bikin temen-temen kaya juga. Ini saya nulis paragraf yang pada tanggal 22 november 2016, diupload tanggal 7 desember 2016 udah cukup keliatan kan gimana aneh dan ngga niatnya Blog ini ? Tapi walaupun ini udah cukup lama,  cerita diatas akan tetap saya lanjutkan.. critanya biar kaya di sinetron gitu loh ada tulisan "to be continue..". Sebenernya cerita kelanjutannya lebih dari yang sekarang, oke seperti apa kelanjutannya ? tunggu postingan selanjutnya (jadi kaya MC sunatan). Eh iya, kalo temen-temen mikir

"Ko sekarang udah ngga lucu sih ?"
"ko sekarang jadi garing sih ?"
"ko sekarang jadi kaya curhat sih ?"
"ko sekarang postingannya jadi aneh sih ?"
"ko sekarang gini-gitu sih"
"dll"
saya cuma bisa bilang..

WATEPER !!

Maaf ya, sekarang agak males ngeblog lebih tepatnya ngetiknya. Sebenernya banyak kejadian yang bagus buat bahan postingan, tapi mungkin lain kali saya buatnya. Oke, terimakasih atas waktu luangnya serta pemaklumannya
Daaaah... sampai jumpa di kelanjutannya (kalo ada)

2 comments:

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..