Friday 21 October 2016

tidur..

Iiiiiiya ! setelah berminggu-minggu ngga posting akhirnya kali ini bisa posting sesuatu yang sedikit tidak berguna juga. Maaf karna saya sibuk sekali ya jadi waktu menulis saya terbatas,

Bangun dari jam 4.30
Bengong sampe jam 12.30
Tidur sampe jam 14.00 kadang trus bangun
Maenan Hp sampe jam 22.00
Jam 23.00 baru niat nulis
Jam 23.01 ngantuk
Jam 23.05 tidur

Tolong maklumi kesibukan saya ini ya, saking capeknya jadi saya tidak sempat nulis. Oke tapi mari lupakan kesibukan
saya yang amat padat tadi ya teman-teman, kali ini saya akan share sesuatu yang sedikit ngga penting tapi baik juga untuk kita ketahui. Tanpa panjang kali lebar dibagi keliling dikurangi sudut dikalikan alas lagi.. inilah...*drumrool*....
'Kejadian Sewaktu Tidur' *trak tak tung tung jess* *prok prok prok*...

Jadi tidur adalah kebutuhan sama seperti makan, minum, buang angin, buang air, buang sampah, Buang shit (buang sial maksudnya). Karna itulah tidur sangat diperlukan setiap hari untuk men-charge kembali energi dalam tubuh, sehingga dapat membuat tubuh trrasa segar saat bangun nanti, ya kecuali kalo kalian tidur trus bangun tiba-tiba ada di TPA itu dijamin Mmmm.. kalian tau lah. Saya rasa cukup ya penjelasan sedikit tentang tidur yang sangat gamblang tadi ?
Oke langsung saja yang pertama..

-Ketindihan- atau dalam bahasa jawa itu 'Direp-repi'

Jujur saja kalo kalian pernah mengalami ini, tenang aja semua kayaknya pernah ko.. kamu ngga sendirian ada aku juga yang pernah *kedipin mata*. Ada beberapa versi mengenai fenomena ketindihan ini, dari Hasil riset lapangan (google) yang memakan waktu amat sangat panjang yang saya lakukan didapatkan beberapa versi diantaranya ada versi kedokteran sama versi mistis. Pada versi kedokteran dijelaskan mengenai fenomena ketindihan ini sebagai salah satu situasi abnormal yang dialami ketika tidur, dikatakan bahwa dalam tidur memiliki tahapan-tahapan sampai pada tahap mimpi. Ketindihan ini terjadi karna pada saat kita tidur kita memulai dari tahapan awal dan langsung melompat ketahap mimpi tanpa melewati tahapan yang seharusnya, hal ini memungkinkan kita merasakan kejanggalan (ketindihan) karna pada tahapan awal tidur itu kita masih sadar dan belum tidur sepenuhnya sedangkan tahapan mimpi adalah tahapan dimana kita sudah dalam kondisi tidur dan mengalami mimpi (masa sih..).

 Karna lompatan tahapan tadi terjadilah situasi dimana kita merasa sadar yang merupakan dari tahapan pertama tapi saat ketindihan juga kita biasanya mengalami halusinasi seperti ada sosok hitam atau lainnya nah ini merupakan hasil dari tahap mimpi. Tubuh kita juga tidak bisa digerakan bahkan berbicara pun susah ya kan ? dari kumpulan kitab yang saya baca (google) itu terjadi karna kita mengalami kelumpuhan saat tidur. Itu yang menyebabkan Ketindihan, mengalami susah gerak, seperti sudah sadar, dan melihat sosok misterius. Oke itu tadi versi kedokteran atau versi ilmiahnya lah.. Tapi bagus juga bikin blog ilmiah kaya gini yah ? Akan saya fikirkan nanti lah, kita bahas tidur ini dulu.

Dalam versi mistisnya atau kepercayaan-kepercayaan, saat tidur itu kita lagi ditindihin, didudukin, ditidurin, dll oleh makhluk halus.. banyak masyarakat yang masih percaya sama hal ini. Dan memang rasanya seperti itu sih. Itu versi mistisnya.. Gimana ? lebih panjang kan versi mistisnya ?

Saya pernah mengalami ketindihan seperti ini, waktu tidur saya seperti sudah bangun. Mata saya sudah melek bahkan bisa dengan jelas ngliat-liat sekeliling dan liat ibu saya mondar-mandir, tapi anehnya saya ngga bisa bangun. yangan dan tubuh saya serasa kaya habis makan semen cap satu roda 2 sak deh.. saya coba teriak ternyata saya juga ngga bisa ngomong. Saya berusaha sekuat tenaga supaya badan saya bisa gerak tapi semakin saya nyoba semakin berat rasanya. Trus tiba-tiba kaya ada seseorang yang napas di leher saya karna posisi tidur saya miring, itu saya merinding cuy.. saya ngebayangin ada makhluk kaya sejenis mumi gitu, saya berusaha mengubah fikiran saya tentang mumi menjadi sosok Isyana Sarasvati tapi tetep aja mumi menang. Coba aja kalo berhasil ngubah jadi Isyana, mungkin saya langsung bisa gerak trus balik badan trus... you know lah..hehehe. 

Disitu saya berfikir kalo saya bisa gerak saya langsung lari. Dan setelah bisa gerak saya bangun dan ngliat kesamping ternyata ngga ada mumi ataupun Isyana disamping saya. Saya merasa lega dan kecewa, lega karna ngga ada mumi dan kecewa karna ngga ada Isyana.

Yang kedua..

Kalian pernah ngga sewaktu kalian tidur trus kalian merasa kaya mau jatuh gitu ? kalo kalian tanya temen kalian trus dia jawab belum pernah, silahlan tampar.. karna kemungkinan besar dia boong, kalo dia emang beneran belum pernah silahkan cari alasan kenapa anda menamparnya.. ya bilang aja "Eh tadi ada nyamuk lagi camping dipipi kamu".

Yang ini saya ngga mau jelasin versi medisnya, karna akan memakan waktu yang lama (males ngetik). Saya pernah ngalamin ini, sering banget bahkan. Biasanya kita tuh ngrasa kaya jatuh dari gedung, kepleset, jatuh ke selokan, jatuh hati (ciyee..), jatuh bangun aku mengejarmu namun dirimu tak mau mengerti kubawakan segelas kopi vietnam. Ya pokoknya kaya gitu lah. Sebenernya ini ngga senyeremin yang ketindihan ya, ini tuh lebih bikin kaget dan yang paling adalah bikin malu kalo ada yang liat. Saya pernah gitu satu keluarga ada Ibu, Ayah, Adik, dan Saya tentunya sedang nonton tv (duh jadi kengen..*usap air mata*) kebiasaan saya tidur cepet dulu itu selalu saya lakukan jadi pas ngumpul saya tidur, sampai kejadian yang sangat memalukan itu terjadi, seakan disetrum saya bangun dengan sentakan yang khas. Mereka semua bukannya nanya kenapa malah ketawa ngliat saya yang gitu.. (duuh.. kan jadi kangen)

Lanjut yang Ketiga ajalah..

Yang ketiga adalah Ngigo dalam bahasa jawa ngapak biasanya disebut nglindur..
Ngigo lebih memalukan sih dari yang jatuh tadi, biasanya sesuai sama yang kita mimpikan ya misal kita mimpi maen bola kemungkinan kita teriak "GOAAALL !!" atau bisa juga kita teriak "WASIT GOBL*K !!" atau kalo kalian yang sedang bermimpi indah, menyenangkan, sesuatu yang sangat diinginkan, merasakan nikmat yang amat sangat, sampai ya gitu-gitulah mungkin juga bisa ngigo.. biasanya cowok sih yang sering karna saya belum denger cewek cerita mimpi gitu ke saya langsung.. tapi cewek bisa juga kan ya ? Mmm.. penasaran. 

Oke back to topik !!
Jujur saya lumayan sering ngigo pas masih aekolah dulu, dan kata ibu sama adik saya saya pernah ngigo terus nyebut nama seseorang. Saya yang ngga tau sempet penasaran sama nama yang saya sebut saat saya ngigo, ternyata itu nama salah seorang teman saya. Mungkin juga saya waktu itu lagi mimpiin kamu *nunjuk pembaca*.
Waktu saya tidur dirumah temen saya juga pernah tapi bukan saya yang ngigo, tapi adik temen saya. Jadi temen saya dan adiknya ini sudah saya anggap seperti adik kandung sendiri, dan mereka juga udah nganggep saya sebagai kakak mereka sendiri. Keluarga kami memang sudah seperti keluarga besar ya, padahal cuma tetangga biasa. Mmm.. adik temen saya ini sudah dekat sama saya dari dia masih usia bulanan sampai dia besar. Kami selalu main bola bareng karna kebetulan dia cowok dan sama-sama suka bola, bisa dibilang kalo istilah "gila bola" itu dia.

Setiap hari saya main kerumahnya, mainan bola yang pake kertas, kadang juga pake bola plastik. Setiap saya datang, bahkan sebelum saya sampe depan pintu dia udah nyusulin bawa bola plastik dan ngajak buat main bola, kadang kalo dia ngga tau saya dateng saya kejutin dia trus saya tanya bolanya mana trus dia langsung lari dengan badan dia yang gembul ambil bola plastik karna kakaknya jarang main sama dia, saya yang pengen punya adik cowok jadi semngat main sama dia. Kami main bola hampir tiap hari. 
Disuatu malam sebelum final Euro antara Spanyol vs Italia saya denger adik temen saya ini teriak "Goal !! Mas Ali ngegolin !! Goal !!" saya yang denger ketawa sendirian karna itu udah jam 1 pagian. Setelah itu pertandingan hampir main dan saya dikejutkan dengan Silau senter yang dia tempelin pas dimata kanan saya, karna saya ketiduran waktu itu. Dia udah bangun jam segitu buat nonton bola padahal usianya baru sekitar 5 tahunan.

Sampai disuatu pagi tanggal 29 Juli tahun lalu.. sebuah mobil ambulance parkir dekat rumahnya, semua warga desa segera keluar kenapa ada ambulance disana begitupun pikir saya. Karna saya fikir ah mungkin ada yang mau berobat, saya pake anduk untuk mandi (cuma pake anduk). Saya kaget setelah Adik saya, Kakak saya masuk kerumah yang tadinya diluar ngliat ambulance ngasih tau saya siapa yang dibawa ambulance sambil nangis, saya langsung kaget dan lari secepat mungkin kerumahnya berharap berita itu salah tanpa peduli saya sedang hanya pake anduk. Setelah sampai dirumahnya dan melihat tubuh adik teman saya sudah dibalut kain kafan, ada sesuatu yang mengganjal dimata dan sesak didada. Itu adalah perasaan yang sangat kacau, semua orang menagis mengingat dia adalah anak yang dibanggakan. Setiap ketemu orang pasti ada aja yang meluk ata sekedar nyubit. Dan saya saat itu juga sudah kehilangan salah satu adik saya.

Ternyata saya terlalu egois untuk tidak menangis saat itu. Sampai saya mimpi ketemu sama dia dan saya peluk dia saya nangis sejadinya, itu adalah pertama kalinya saya mimpi sekuat itu sampai hampir tidak bisa menceritakannya ke orang lain. Karna setiap kali akan cerita, air mata saya terlalu egois untuk jatuh. Ini kenapa malah curhat ya ? maaf ya.. saya kurang konsen jadinya.

Segini aja dulu yah.. maaf juga untuk yang tadi karna agak ngga nyambung, tapi ya okelah..

2 comments:

  1. Kalo mimpi seseorang itu namanya apa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mimpinya yang seneng-seneng berkah itu kayaknya bro

      Delete

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..