Friday 15 January 2016

Waktu PRAKERIN (Praktek Kerja Industri)

Sebenernya waktu awal PRAKERIN ini saya agak ngga setuju pas diumumin kalo saya ditempatin di salah satu SMPN favorit di Kota saya. Kenapa ngga setuju ? Karna gini, semua temen saya itu ditempatin paling ngga ada 2 orang bahkan lebih. Dan saya, sendirian bro. Ditempat dimana kedisiplinan dan kerapian itu jadi hal yang harus, padahal saya lebih ke tidak memperhatikan kerapian, dan kedisiplinan ?? ya lumayan lah...
Karna itu, saya meminta salah seorang
temen untuk bisa nemenin. Tapi ngga dibolehin, pake alesan ngga mau lah, harus lapor dulu lah, harus ngeprint, harus ijin, servis printer, bongkar AC, pasang Toren, pokoknya banyak banget lah... kaya orang lagi nglamar kerja diperusahaan terus ditolak 99x. Dan tetep harus sendiri. Sialan...
Sampe pada akhirnya saya menyerah dan meminta berangkat ke SMPN itu ditemani temen-temen supaya nanti setelah ngasih proposal bisa pulang bareng. Padahal alasan sebenernya, kalo sampe pas itu saya ditolak di SMPN tersebut trus saya ngamuk dan sekolahannya saya balik jadi atapnya dibawah, mereka bisa nenangin dan nyediain pundak buat saya menagis meraung kaya orang kalah judi trus jual rumah sama isi-isinya.
Dan saya diterima di SMPN tersebut, dengan begitu atap ngga perlu ada dibawah.
Tapi setelah saya diterima, saya mendapat pesan di akun Facebook saya.
"Li, berangkatnya bareng. kamu di SMPN * ***** kan ?"
"ya" jawab saya singkat, dengan hati senang akhirnya ada temenya juga.
Hari pertama...
Waktu itu puasa, saya berangkat dan bertemu dengan temen yang ngasih pesan sebelumnya. Awalnya saya heran,
"kok bisa ya dia disini ?".
Tapi akhirnya dia menjelaskan kalo ternyata ibunya yang ijin buat minta tempat PRAKERIN baru dan akhirnya bersama saya.
Balik ke cerita hari pertama. Jadi hari pertama itu canggung banget, wajarlah hari pertama magang. Waktu itu saya cuma disuruh ngrapiin buku paket yang berantakan kaya gunung buku, DAN kami disuruh ngrapiin permapel. Ngrapiin gunung buku itu sampe memakan waktu 3 hari jam kerja dari jam 7 sampai jam 12 karna puasa dengan rincian :
7-10 = ngrapiin
10-10.30 = bengong
10.30-11 = ngobrol
11-12 = lanjut
dan pulang jam 2.30 karena :
12-2.30 = WI-FI
selama di Perpus saya cuma bergelut dengan buku, stempel, wi-fi gitu terus, sampe akhirnya saya ditempatkan di TU.
Di TU inilah saya mendapat pekerjaan lebih dan membuat semangat saya jadi naik, karna di TU disediain komputer dan wifi yang lebih cepet daripada di Perpus. Tugas pertama di TU itu bikin SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) dan saya dipuji karna kemampuan saya dianggap bagus dan salah seorang guru menyarankan agar setelah lulus nanti bisa melamar di SMPN itu. Seketika semua petugas TU melirik dengan tatapan sinis, seakan mata mereka berkata..
"Akan kumakan kau bocah tengik !".
Seminggu disana saya dipanggil seorang petugas TU, dan saya dikasih amplop berisi uang yang katanya "udah ambil aja" sambil senyum manis. Bukannya senang, saya justru takut. Saya mulai berfikir sebenarnya Apa makna Amplop ini, akhirnya saya menemukan 2 kesimpulan. Yang berbunyi :
1. "Kerja kamu selama satu minggu ini bagus, ini uang buat kamu". atau
2. "Ini uang buat kamu, dan sekarang kemasin barang kamu karna kamu tereliminasi".
tapi akhirnya kesimpulan pertama yang benar dan bukan yang ke-2, alkhamdulillah...
hari demi hari terlewati dan kami seisi ruang TU semakin akrab terbukti dengan candaan yang semakin hari semakin jorok. Sampai pada saat ketika seorang petugas laki-laki meminta pendapat saya tentang video yang ditonton, yang membuat saya ingin bilang..
"Mas boleh minta ngga buat bahan ?".
Tapi anehnya pas temen saya yang satunya mau ngliat, petugasnya bilang..
"Eh, kamu jangan liat mas belum cukup umur".
dan itu membuat saya berfikir,
"Kenapa saya dibolehin ?"
.

DiAkhir....
PRAKERIN saya diminta untuk mengisi Apel pagi saat itu. Bisa anda bayangkan, Anak SMK mengisi Apel dan berbicara dihadapan Kepala sekolah, Wakil, dewan guru, Staf TU yang usianya jauh diatas saya. Dan rasanya itu sangat menegangkan, karna jika ada sampe kata yang salah... bisa kacau bro. Tapi untungnya berjalan lancar, mereka mendengarkan dengan sakasama dan ada beberapa yang terharu juga kliatannya.
Dan terimakasih Untuk semuanya..
Terimakasih atas pengalamannya..
Dipanggil kepala sekolah untuk ngobrol..
Ngisi Pembimbingan untuk anak kelas 7...
Memaklumi pas lagi tidur...
Maaf juga atas kesalahan yang tidak saya beritahu dan tidak kalian ketahui...
Dan apa kabar Guru Bahasa Indonesia baru cantik waktu itu ?


(Ini foto sesaat sebelum berangkat. saya yang nengok itu)

No comments:

Post a Comment

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..