Monday 26 March 2018

Unity in Diversity

Agama, kepercayaan, etnis, dan lain-lainnya adalah salah satu bentuk keagungan Tuhan. Disini saya ngga akan ngebahas soal SARA, karna bagi saya itu sesuatu yang amat sangat sensitif. Apalagi disituasi Indonesia yang sekarang-sekarang ini, yang salah ngga ada.. cuma yang bener itu ya kaya gimana ? Ada yang bilang
"Pelangi ngga cantik kalo cuma satu warna" dan memang saya pribadi sangat suka kalimat tersebut. Terutama di Indonesia dengan berbagai macam perbedaannya tapi bisa berdampingan. Saya akan bercerita soal toleransi dan bercerita sesuatu yang membuat kita bisa bangga ngomong "Aaah.. ini baru Indonesia"

Yang pertama dari Kapolsek di daerah saya, beliau beragama hindu. Saya ngga bakal cerita banyak tentang beliau karna saya belum pernah liat secara langsung. Beliau tinggal ditengah-tengah mayoritas masyarakat yang beragama Islam. Dan setiap adzan maghrib terdengar tapi masih banyak anak kecil lari-larian dijalanan, beliau langsung melarang anak-anak tersebut dan disuruh pulang lalu sholat. Bukan galak, beliau cuma tau itu lebih baik.

Dan yang kedua ini cerita tentang pengalaman saya, ya walaupun sepele tapi asli.. itu Indonesia banget.
Jadi gini, sore itu saya sedang duduk dipinggir jalan, di dekat saya ada pohon kamboja. Tiba-tiba dari depan ada bapak tua yang bertanya

"Maaf mas, minta yah ?" Sambil nunjuk ke bunga kamboja dengan tangan kanan, sementara di tangan kirinya ada kresek hitam yang mungkin berisi bunga kamboja setengah penuh.

"Iya pak.. tapi maaf pak bukan punya saya" karna pohon itu memang ditanam dipinggir jalan oleh petugas tata kota. Dan ngga lama si bapak ini mulai metikin bunga kambojanya. Karna penasaran saya tanya aja

"Maaf pak kalo boleh tau mau buat apa yah pak ?"

"Ini mas, mau buat ibadah mas" sambil senyum trus mulai manjat ke pohon.

Karna gerak dari panjatan tadi, ada beberapa bunga kamboja yang jatuh dari pohonnya tepat dibawah bapak ini. Karna kasihan akhirnya saya pungutin satu persatu, dengan maksud buat si bapak ini dibawa untuk ibadah.

"Pak ini banyak yang jatuh pak" sambil nunjukin beberapa kamboja ditangan

"Makasih mas, tapi itu ngga dipake mas. Kita cuma make yang metik dari pohonnya, yang jatuh-jatuh ngga dipake mas" sambil senyum dari atas pohon kamboja.

Trus ngga lama si bapak ini turun, dan saya liat kresek hitamnya udah hampir penuh kamboja.

"Makasih yah mas, makasih juga ya mas udah mau bantuin ambilin yang jatuh tadi. Jarang loh ada orang yang mau menghormati sampai ngebantu mungutin. Seneng saya liatnya. Makasih yah mas. Permisi mas.." sambil senyum, mengangkat tangan trus pamit. Dan ya.. mungkin hal kecil kaya ngambilin bunga yang jatuh walaupun ngga kepake tadi lebih baik daripada ngevonis orang lain masuk neraka. Karna semua manusia itu pasti dilahirin baik, buktinya saja ketika kita ngambil buah mangga tanpa ijin, itu pasti ngrasa kaya tangan gemeter, takut, dll.. karna emang tubuh kita itu sebenernya ngga mau nglakuin hal kaya gitu.

Mending kita mikir bareng lagi deh, mikirin gimana damainya kalo kita jalan trus senggolan langsung senyum sambil bilang "maaf ya pak/bu/kak/dek". Mikirin juga gimana asiknya bercanda bareng tanpa peduli akan sensitifnya SARA bagi sebagian orang. Saya bukannya memojokan mereka yang dengan sadar meneriaki "Kafiir!!" kepada segolongan orang.
Ngga semua dari orang mereka itu jahat ko, dan juga ngga semua orang dari kita itu baik.

salam sejahtera rakyat Indonesia..
mari berpelukan, mari bergandengan..
mari mulai bangga dengan keragaman.

No comments:

Post a Comment

Kalo ada kritik atau saran-saran bisa dikolom komentar ya, Terimakasih..